Tautan-tautan Akses

Ledakan di Selatan Baghdad Tewaskan 7 Orang


Para pejabat Irak mengatakan ledakan di pinggir selatan kota Baghdad menewaskan 7 orang dan melukai paling sedikit 20 lainnya. Ledakan hari ini di terminal mini-bus itu terjadi sehari setelah pemberlakuan larangan kendaraan bermotor yang dianggap berhasil menghentikan kekerasan di ibukota Irak itu.

Sementara itu, Presiden Irak Jalal Talabani mengatakan, parlemen baru akan segera mengadakan sidang pertama sejak pemilu Desember lalu. Dia berbicara setelah pembicaraan dengan Komando Pusat AS di Irak, Jenderal John Abizaid, yang mengantakan, harus dibentuk pemerintah persatuan nasional untuk menyatukan Negara itu.

Panglima pasukan Amerika di Irak Jenderal George Casey mengatakan ia yakin peningkatan kekerasan antar golongan yang disulut oleh peledakan dalam sebuah Masjid Shiah pekan lalu, sudah mereda. Dalam siaran melalui satelit dari Baghdad hari Jumat, Jenderal George Casey mengatakan al-Qaida atau kelompok afliasinya kemungkinan besar bertanggung jawab atas peledakan masjid Askariya di Sammarra. Ia juga mengatakan militer Amerika sedang meningkatkan keamanan di tempat-tempat ibadah untuk mencegah serangan lagi yang dapat menyulut peningkatan kekerasan di negara yang dilanda perang itu.

XS
SM
MD
LG