Tautan-tautan Akses

Bush Tiba di Islamabad Untuk Bahas Kerjasama Melawan Teror


Presiden Bush tiba di Islamabad, Pakistan, untuk membahas kerjasama dalam perang melawan teror, dan mendorong perkembangan ekonomi serta politik, yang diharapkan akan mengurangi daya tarik kelompok Islam radikal. Bush tiba Jumat malam dari India, dimana dia menyerukan kepada kedua negara tetangga itu untuk menyelesaikan sengketa soal Kashmir yang telah berlangsung puluhan tahun.

Penjagaan keamanan di kota Islamabad sangat ketat, satu hari setelah seorang pengebom bunuh diri menewaskan tiga orang, termasuk seorang diplomat Amerika, diluar konsulat Amerika di Karachi. Di kota Rawalpindi, polisi menggunakan pentungan untuk membubarkan ratusan demonstran yang membawa poster-poster anti-Bush dan mengecam penerbitan gambar-gambar karikatur Nabi Muhammad. Ketika berada di India, Presiden Bush mengatakan, hubungan Amerika dan India belum pernah seakrab sekarang, dan perjanjian kerjasama nuklir yang baru ditanda-tangani akan memperkuat keamanan dan perekonomian kedua negara.

Sementara di Amerika, jajak pendapat umum yang diadakan minggu ini menunjukkan dukungan bagi Presiden Bush berada pada tingkat paling rendah. Pol yang diadakan oleh stasiun televisi CNN, harian USA Today dan Gallup menunjukkan hanya 38 persen responden yang mendukung Presiden Bush, satu point lebih tinggi dari hasil pol oleh kelompok yang sama bulan November tahun lalu. Tapi pol yang diadakan jaringan televisi CBS minggu lalu menunjukkan dukungan bagi Presiden Bush berada pada tingkat paling rendah, yaitu 34 persen.

XS
SM
MD
LG