Tautan-tautan Akses

Bush Meninjau Kota Hyderabad dalam Lawatannya di India


Presiden Bush telah meninjau kota Hyderabad hari ini, dalam perlawatannya di India setelah mencapai kesepakatan kerjasama nuklir yang bersejarah dengan negara demokrasi terbesar di dunia itu. Kunjungannya di kota itu disambut demonstrasi protes oleh umat muslim.

Bush bertemu dengan para mahasiswa dan petani di universitas pertanian yang didanai AS dan meninjau daerah riset bibit tanaman pertanian. Dia juga mengunjungi sekolah bisnis dan berbicara dengan usahawan muda sebelum terbang kembali ke New Delhi untuk mengucapkan pidato di benteng bersejarah, Purana Qila.

Kunjungan di Hyderabad itu diadakan sehari setelah Bush dan Perdana Menteri India, Manmohan Singh, mengumumkan tercapainya kesepakatan yang bertujuan untuk memberi kepada India akses ke teknologi nuklir sipil Amerika Serikat.

Demikian Presiden Bush. PM Singh menggambarkan bagaimana kedua Negara dapat menyisihskan permusuhan perang dingin kedua negara dan memperkuat kemitraan strategis.

Kunjungan Bush di Hyderabad didemo ribuan mahasiswa membawa spanduk pemimpin pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden dan membakar boneka Bush.

Presiden Bush akan tiba di Pakistan hari Sabtu untuk bertemu dengan para pejabat tinggi negara itu.

XS
SM
MD
LG