Tautan-tautan Akses

Mahmoud Ahmadinejad Memulai Kunjungan Resmi ke Malaysia


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad telah memulai kunjungan resmi ke Malaysia, dimana dia berusaha mendapatkan dukungan bagi program nuklir negaranya yang kontroversial.

Ahmadinejad disambut dengan dentuman meriam sebanyak 21 kali di parlemen Malaysia hari ini menjelang pembicaraan dengan Perdana Menteri Abdullah Ahmad Badawi.

Pemimpin Iran itu tiba di Kuala Lumpur hari Rabu malam dalam kunjungan selama tiga hari.

Menteri Luar Negeri Malaysia Hamid Albar mengatakan hari ini negara-negara di dunia harus menerima jaminan Iran bahwa program nuklirnya bertujuan damai. Dia juga menekankan bahwa masyarakat internasional tidak ingin menghadapi apa yang disebutnya sebagai “medan konflik baru.”

Kunjungan presiden Iran itu merupakan bagian kampanye untuk mendapatkan dukungan menjelang pertemuan hari Senin Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengenai program nuklir Iran. IAEA dapat mengajukan hal tersebut kepada Dewan Keamanan PBB yang memungkinkan Iran dikenakan sanksi.

Hari Rabu kemarin, Iran dan Russia gagal mencapai kesepakatan mengenai proposal Russia untuk mengolah uranium bagi Iran di Russia.

XS
SM
MD
LG