Tautan-tautan Akses

Bush: AS Bertekad untuk Membangun Kembali Afghanistan


Presiden Bush mengatakan AS bertekad untuk membangun kembali Afghanistan dan yakin, teroris Osama bin Laden akan diseret ke pengadilan. Dalam kunjungan mendadaknya ke Kabul hari ini, Bush mengatakan, AS, Afghanistan dan Pakistan akan bermitra dalam memerangi terorisme. Berbicara kepada wartawan pada sebuah jumpa pers di ibukota Afghanistan, dengan Presiden Hamid Karzai di sampingnya, Bush mengutarakan pasukan ketiga negara itu sedang "memburu" Osama bin Laden dan para anggota kelompok teror al-Qaida.

Bush dengan tegas mengatakan, bin Laden, yang dituduh melakukan serangan 11 September di New York dan Washington pada tahun 2001, akan ditangkap. Kunjungan Bush ke Afghanistan – selama 5 jam, sebelum lawatannya ke India dan Pakistan – semula dirahasiakan sampai dia tiba di Kabul dengan selamat hari ini. Dia akan segera terbang ke New Delhi sejenak lagi.

Bush mengatakan dia berniat mengangkat masalah infiltrasi lintas batas oleh kaum militan selama pertemuannya pekan ini dengan Presiden Pakistan Pervez Musharraf. Di India, Bush diduga akan memfokuskan pada perangkuman persetujuan teknologi nuklir sipil dengan New Delhi. Pakta itu belum lagi diselesaikan, katanya, dan mungkin belum akan ditandatangani pekan ini.


XS
SM
MD
LG