Tautan-tautan Akses

Presiden Bush Bertolak ke India


Presiden Bush sudah bertolak menuju India dan Pakistan, lawatan yang bertujuan memperkokoh dua aliansi Amerika dan kemungkinan menempa kesepakatan untuk berbagi teknologi nuklir sipil dengan India.

Mula-mula Bush akan ke New Delhi, di mana ia akan disambut oleh para pengusaha dan pejabat pemerintah yang berminat meningkatkan hubungan perdagangan dan militer. Massa juga telah melancarkan aksi unjuk rasa menentang kunjungan Bush. Di New Delhi upaya dilanjutkan untuk mencapai kesepakatan mengenai perjanjian nuklir sipil yang akan memungkinkan India membeli bahan bakar dan reaktor tenaga nuklir dari Amerika, jika India membuka fasilitas nuklir sipilnya untuk inspeksi PBB.

Pekan lalu, Presiden Bush mengatakan Amerika menghargai hubungan dengan India dan Pakistan keduanya. Ia mengatakan ia akan menggunakan kunjungannya itu untuk mendesak kedua negara berupaya terus dalam menciptakan perdamaian kekal di Kashmir. Ia mengatakan Pakistan adalah sekutu utama Amerika, tetapi banyak di Washington ingin melihat Islamabad membuat upaya lebih kuat untuk membongkar kamp-kamp pelatihan teroris. Bush juga mengisyaratkan ia ingin memastikan pemilu Pakistan yang dijadwalkan tahun depan bebas dan adil.

XS
SM
MD
LG