Tautan-tautan Akses

Bush Sambut Baik Tawaran Penundaan Pengalihan Pengelolaan Pelabuhan AS


Pemerintah Bush telah menyambut baik tawaran sebuah perusahaan Dubai untuk menangguhkan pengambilalihan pengelolaan pelabuhan Amerika.

Jurubicara Gedung Putih hari ini mengatakan, para pejabat Amerika secara pribadi memberitahu perusahaan itu, Dubai Ports World, bahwa akan membantu jika ada waktu lebih panjang untuk memberi penjelasan kepada anggota Kongres mengenai rancangan itu. Tetapi jurubicara itu menandaskan, keputusannya terserah pada perusahaan itu.

Dubai Ports World yang berkedudukan di Persatuan Emirat Arab tidak memberi petunjuk berapa lama penangguhan itu. Perusahaan itu mengatakan akan melangkah seiring dengan kemajuan hal-hal lain yang menyangkut pengambilalihan itu.

Presiden Bush telah mengancam akan menggunakan hak veto untuk pertama kalinya terhadap langkah yang diambil Kongres untuk menangguhkan rancangan itu. Kalangan Demokrat dan Republik telah menyatakan khawatir pengambilalihan itu dapat membahayakan keamanan nasional.

Pemuka organisasi Arab Amerika mengatakan kehebohan itu mencerminkan oportunisme politik dan dilandaskan pada ketakutan dan kefanatikan.

XS
SM
MD
LG