Tautan-tautan Akses

Kaum Syi’ah di Irak Demo atas Pemboman Mesjid Askariya di Samara


Kaum Muslim Syi’ah di Iraq telah menyelenggarakan protes masa atas pemboman masjid Askariya di Samara, salah satu masdjid tersuci kaum Syi’ah. Demonstrasi-demonstrasi dilakukan di Samara, di perkampungan-perkampungan Syi’ah di Baghdad, dan di kota-kota mayoritas Syi’ah di Iraq selatan.

Di Najaf, Ulama terkemuka Syi’ah, Yang Dihormati Ayatollah Ali al-Sistani, menyatakan 7 hari berkabung, dan menyerukan dilakukannya “protes damai" dan menganjurkan para pengunjuk rasa untuk tidak bepergian ke Samara. PM Iraq Ibrahim al-Jaafari – yang adalah seorang Syi’ah – dikutip media menyebutkan bahwa serangan itu dilakukan oleh orang-orang yang melakukan "sabotasi" dan menyerukan agar kaum Muslim bersatu.

Para pemimpin Arab Sunni setempat mengutuk serangan yang disebut sebagai "tindakan kriminal." Polisi mengungkapkan kawana pria bersenjata yang berseragam polisi mengikat para pengawal masjid, kemudian melakukan peledakan, menghancurkan kubah emas yang telah berusia 100 tahun. Tidak ada korban yang cedera.

XS
SM
MD
LG