Tautan-tautan Akses

Menlu Rice: Iran Terang-Terangan Menantang Komunitas Internasional


Menteri Luar Negeri Amerika Condolezza Rice mengatakan Iran secara terang-terangan telah menantang komunitas internasional dengan melanjutkan aktivitas bahan bakar nuklir yang peka. Kepada Komite Hubungan Luar Negeri Senat, Rice hari Rabu mengatakan, pemerintahan Bush akan menghadapi apa yang ia sebut kebijakan agresif pemerintah Iran itu.

Katanya, pemerintahan Bush berencana meminta tambahan dana 75 juta dollar tahun ini dari Kongres untuk mendorong demokrasi di Iran. Dana itu akan digunakan untuk upaya yang meliputi perluasan siaran televisi satelit ke Iran dari pemerintah Amerika dan kelompok-kelompok swasta warga Amerika asal Iran. Rice akan melakukan perjalanan ke Timur Tengah pekan depan untuk membicarakan Iran. Dia akan singgah di Mesir, Arab Saudi dan Persatuan Emirat Arab.

Rusia menghimbau Iran agar menghentikan aktivitas pengayaan dan kembali ke perundingan mengenai program nuklirnya. Menteri Luar negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, para pejabat Rusia dan Iran akan membahas soal itu hari Senin di Moskow.

XS
SM
MD
LG