Tautan-tautan Akses

Protes Kartun Nabi Masih Terus Terjadi di Pakistan


Puluhan ribu Muslim melancarkan protes hari ke-empat atas kartun Nabi Muhammad di Pakistan. Masa yang sedikitnya berjumlah 40 ribu orang berpawai di kawasan niaga kota pelabuhan Karachi, Pakistan selatan hari Kamis. Berbeda dari aksi tiga hari sebelumnya, kali ini tidak ada laporan tentang kekerasan.

Masa memekikkan ‘Tuhan Maha Besar’ (Allahuakbar) seraya membakar bendera serta patung perdana menteri Denmark. Ribuan polisi dan pasukan para militer kelihatan berjaga-jaga namun tidak turun tangan.

Pemimpin Muslim Suni yang mengorganisir aksi protes itu menuntut pemerintah Pakistan mengusir duta besar negara-negara di mana surat kabar menerbitkan kartun Nabi yang bikin heboh itu. Presiden Pervez Musharraf mengutuk kekerasan yang terjadi dan mengatakan ada sebagian orang yang menggunakan keadaan untuk menimbulkan kekerasan.

Seperti diketahui – kartun Nabi itu mula-mula diterbitkan di Denmark lima bulan lalu kemudian diterbitkan lagi oleh berbagai surat kabar di beberapa negara Eropa. Inilah yang memicu Muslim melancarkan protes yang terkadang disertai kekerasan di seluruh Asia, Afrika dan Timur Tengah.

XS
SM
MD
LG