Tautan-tautan Akses

AS dan Israel Bantah Ada Rencana Untuk Singkirkan Pemerintahan Hamas


Amerika membantah pihaknya kini dalam pembicaraan rahasia dengan Israel mengenai cara-cara untuk membuat pemerintah Palestina pimpinan-Hamas tidak stabil. Jurubicara Departemen Luar Negeri dan jurubicara Gedung Putih, dalam reaksinya terhadap laporan suratkabar New York Times edisi hari Selasa, mengatakan tidak ada rencana atau siasat untuk menyingkirkan Hamas.

Mereka mengatakan pembicaraan yang diadakan Amerika dengan Israel sama halnya dengan mengadakan pembicaraan dengan anggota-anggota komunitas internasional, dan berlangsung secara transparan.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan terserah pada Hamas untuk memenuhi tuntutan internasional dan berjanji untuk tidak lagi melakukan kekerasan, mengakui hak Israel sebagai suatu negara, dan mematuhi berbagai perjanjian yang sudah diteken antara Israel dan Otorita Palestina.

Pejabat-pejabat Israel juga membantah laporan suratkabar itu. Penjabat Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengatakan negaranya akan meninjau kembali semua kontaknya dengan pihak Palestina begitu Hamas berkuasa. Hamas mengutuk campur-tangan yang diberitakan itu, dengan mengatakan Amerika hendaknya menghormati proses demokratis di Palestina.

XS
SM
MD
LG