Tautan-tautan Akses

Bush dan Annan Bahas Darfur di Gedung Putih


Presiden Bush dan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan hari Senin di Gedung Putih membicarakan rencana penempatan pasukan PBB pemelihara perdamaian di daerah Darfur yang dirobek perang di Sudan. Annan menerangkan kepada wartawan ia tidak mengajukan permintaan yang spesifik tentang pasukan dan perlengkapan sebab pasukan yang dimaksud masih dalam taraf perencanaan.

Tetapi ia mengatakan Presiden Bush setuju perlunya pengamanan yang efektif di Darfur untuk melindungi petugas-petugas kemanusiaan. Dewan Keamanan PBB telah menyetujui pembentukan pasukan pemelihara perdamaian di Darfur untuk menggantikan pasukan perdamaian Uni Afrika sekarang yang berkekuatan tujuh ribu orang.

Pekan lalu Annan mengatakan pasukan PBB pemelihara perdamaian nanti akan lebih besar dan berperlengkapan lebih baik. Untuk itu, katanya, diperlukan bantuan dari negara kuat termasuk Amerika Serikat.

Pertempuran antara pemberontak dan pasukan pemerintah di Darfur telah menewaskan puluhan ribu orang dan menyebabkan sekitar juta lagi mengungsi.

XS
SM
MD
LG