Tautan-tautan Akses

Javier Solana: Eropa Menghormati Islam


Muslim di Pakistan barat laut terus melancarkan protes atas kartun Nabi Muhammad, sementara Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Javier Solana tiba di Arab Saudi dan mengatakan Eropa menghormati Islam. Aksi protes di Pakistan dimulai Senin pagi tatkala mahasiswa berpawai ke beberapa universitas sambil melempari kantor dan toko-toko dengan batu. Polisi menggunakan gas air mata dan pentung untuk membubarkan pemerotes.

Presiden Pakistan Pervez Musharraf mengatakan kepada wartawan kartun itu telah membikin marah semua Muslim mulai dari yang moderat sampai yang radikal, dan kontroversi yang timbul mempersatukan keduanya.

Dalam pada itu - Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Javier Solana mengatakan di Jeddah, Eropa tidak bermaksud dan tidak akan pernah melukai perasaan Muslim. Ia memberi penegasan ini sewaktu menemui Ekmeleddin Ihsanoglu, Ketua Organisasi Konperensi Islam yang beranggota 57 negara. Seperti sama diketahui kartun Nabi Muhammad yang bikin marah Muslim itu mula-mula dimuat sebuah surat kabar Denmark bulan September lalu.

XS
SM
MD
LG