Tautan-tautan Akses

Menlu Wirajuda: Denmark Bertindak Tergesa-Gesa Menarik Staf Diplomatiknya


Indonesia mengatakan Denmark telah bertindak tergesa-gesa dalam memutuskan untuk menarik sementara waktu para diplomatnya dan staf keduataannya dari Indonesia sementara berlangsung protes umat muslim terhadap terbitan kartun mengenai Nabi Muhammad.

Menlu Hassan Wirajuda Ahad ini mengatakan, langkah keamanan Indonesia untuk melindungi para warga Denmark lebih dari memadai. Menlu mengatakan kepada para wartawan bahwa para pejabat Denmark mengatakan ada ancaman lewat telpon, tetapi para pejabat Indnesia tidak ada cara untuk mengukuhkan bahwa ada ancaman serupa itu.

Sabtu kemarin, Denmark menarik para diplomatnya dari Indonesia, dan memperingatkan warga Denmark agar meninggalkan Indonesia karena ada informasi yang dapat dipercaya bahwa mereka menjadi sasaran di negara yang paling banyak penduduk muslimnya itu.

Denmark juga telah menarik para diplomatnya dari Iran dan Suriah sementara berlangsung protes oleh umat muslim di beberapa negara mengenai kartun di suratkabar yang menggambarkan Nabi Muhammad sebagai teroris.

XS
SM
MD
LG