Tautan-tautan Akses

Bush: Negara Asia Tenggara Patahkan Rencana Teror ke AS


Presiden Bush mengatakan yang hendak dijadikan sasaran teror tahun 2001 besar kemungkinan satu gedung perkantoran di Los Angeles yang waktu itu dikenal sebagai Library Tower (Gedung Pustaka). Bush mengatakan, anggota inti Al Qaida, Khalid Sheikh Mohammed mencari orang dari Asia Tenggara untuk melancarkan serangan teror itu, sebab setelah serangan September 2001, orang asal Asia Tenggara kurang dicurigai dibandingkan dengan orang Timur Tengah.

Di antara calon teroris itu, kata Bush, adalah Hambali salah seorang pemuka kelompok teroris Jama’ah Islamiyah, Seorang penasehat Gedung Putih kemudian menambahkan rencana itu semula hendak dilakukan bersamaan dengan serangan 11 September. Namun, katanya, rencana dibatalkan pemimpin Al Qaida, Osama bin Laden yang menghendaki para pembajak lebih dulu memusatkan serangan di Amerika pantai timur.

Presiden Bush mengatakan, satu negara Asia Tenggara yang tidak disebut namanya, menangkap seorang anggota Al Qaida tahun 2002 membuat rencana itu terungkap. Ia menambahkan beberapa negara Asia Tenggara turut membantu menangkap Hambali tahun 2003 sehingga rencana itu batal.

XS
SM
MD
LG