Tautan-tautan Akses

Mantan Presiden Haiti Rene Preval Unggul Kuat dalam Pemilu


Beberapa laporan dari Haiti menunjukkan mantan presiden Rene Preval unggul kuat, sementara kartu-kartu suara terus dihitung menyusul pemilihan presiden hari Selasa.

Pasukan tentara Perserikatan Bangsa Bangsa menjaga kotak-kotak suara hari Rabu kemarin pada saat kotak-kotak tersebut dikirimkan, beberapa di antaranya dengan menggunakan keledai, dari daerah-daerah terpencil di Haiti. Pejabat-pejabat PBB mengatakan penghitungan kartu suara berjalan lamban dan memperingatkan bahwa hasil akhir mungkin baru akan diketahui hari Jumat ini.

Preval pernah menjadi anak didik presiden Jean Bertrand Aristide yang digulingkan dan seorang yang paling disukai di antara kaum miskin di Haiti. Pemilihan putaran terakhir akan dilaksanakan tanggal 19 Maret jika tidak seorang calonpun memperoleh 50 persen suara.

Para pemantau internasional menyebut pemilihan hari Selasa itu sukses, meskipun ada masalah yang berkaitan dengan organisasi.

Jean-Marie Guehenmo, pejabat PBB yang bertanggung-jawab atas penjagaan perdamaian, mengatakan pemilihan itu merupakan tanda adanya harapan, tetapi menambahkan bahwa Haiti akan membutuhkan dukungan internasional selama bertahun-tahun, bahkan mungkin selama puluhan tahun.

XS
SM
MD
LG