Tautan-tautan Akses

Protes Baru Menentang Kartun Landa Asia dan Timur Tengah


Protes baru menentang karikatur politik yang dianggap oleh umat Muslim menghina Nabi Muhammad melanda Asia dan Timur Tengah.

Lima-ribu orang Islam Pakistan yang berdemonstrasi di Peshawar, membakar boneka Perdana Menteri Denmark, tempat kartun satir itu pertama kali muncul, dan juga boneka pelukis kartun yang menggambar karikatur yang menggambarkan Nabi sebagai teroris pembawa bom.

Di Afghanistan, polisi menggunakan tongkat pemukul untuk membu-barkan kira-kira 200 orang yang berdemonstrasi di luar kantor missi diplomatik Denmark di Kabul hari ini. Beberapa ratus demonstran melemparkan batu dan melancarkan aksi protes di luar sebuah pangkalan NATO di Maymana.

Di Indonesia, staf diplomatik Denmark di Jakarta menganjurkan semua warga Denmark meninggalkan Indonesia demi keamanan mereka sendiri. Ratusan mahasiswa dan siswa berdemonstrasi di depan kantor Uni Eropa di provinsi Aceh.

Sementara itu, Iran mengatakan, akan memutuskan hubungan dengan Denmark, satu hari setelah para demonstran melemparkan bom-api ke kedutaan Austria dan Denmark di Teheran.

XS
SM
MD
LG