Tautan-tautan Akses

Presiden Chiraq Desak Warga Prancis Hormati Kepercayaan Orang Lain


Jacques Chirac, Presiden Prancis mendesak warga Prancis supaya menghormati kepercayaan agama orang lain dengan penuh rasa tanggung-jawab. Ini dikatakan oleh Chirac dalam pertemuan dengan Dewan agama Islam Prancis, untuk meredam kemarahan orang Islam karena adanya karikatur tentang Nabi Muhammad.

Kata Chirac, kebebasan menyatakan pendapat adalah hak yang fundamental, tapi Prancis adalah sebuah negara sekuler yang menghormati semua agama. Menteri LN Inggris Jack Straw mengutuk pemuatan karikatur itu dalam surat kabar, dan departemen LN Amerika mengeluarkan pernyataan serupa.

Tapi di Copenhagen, PM Anders Foh Rasmussen, yang bertemu dengan para diplomat muslim, tidak minta maaf atas pemuatan karikatur itu oleh suratkabar Denmark. Katanya, surat kabar di Denmark adalah usaha swasta 100 persen. Karikatur itu semula diterbitkan oleh surat kabar Denmark bulan September, dan kemudian disiarkan oleh banyak surat kabar Eropa lainnya sebagai rasa solidaritas bagi kebebasan pers. Pemuatan karikatur yang dianggap menghina itu telah menimbulkan kemarahan dan aksi protes orang Islam di banyak negara.

XS
SM
MD
LG