Tautan-tautan Akses

Para Pejabat IAEA Mengadakan Pertemuan Hari Kedua


Para pejabat Badan Tenaga Atom Internasional, IAEA, hari ini mengadakan pertemuan hari kedua untuk mempertimbangkan pengajuan Iran ke Dewan Keamanan PBB untuk kemungkinan dikenakan sanksi.

Pimpinan IAEA, Mohamed ElBaradei, mengatakan hari Kamis, pada awal pertemuan di Wina itu, bahwa pertentangan mengenai program nuklir Iran berada pada tahap kritis, tetapi bukan krisis.

IAEA mengatakan badan itu mempunyai dokumen yang diserahkan oleh Iran, yang hanya masuk akal kalau Iran sedang menjalankan program senjata.

Dewan IAEA yang beranggotakan 35 negara itu sedang membicarakan konsep resolusi yang meminta badan itu melaporkan Teheran ke Dewan Keamanan untuk kemungkinan dikenakan sanksi.

Namun, menurut konsep itu, setiap tindakan Dewan Keamanan harus ditangguhkan sampai pertemuan berikut IAEA bulan Maret – sebagai konsesi bagi Rusia dan Cina.

Iran mengatakan program nuklirnya adalah untuk tujuan damai, dan telah mengancam akan mengurangi kerjasamanya dengan PBB kalau Iran dilaporkan kepada Dewan Keamanan.

XS
SM
MD
LG