Tautan-tautan Akses

El Baradei: Kasus Nuklir Iran Kritis Tetapi Bukan Krisis


Direktur Badan Tenaga Atom Internasional IAEA, Mohammed El Baradei mengatakan pertentangan mengenai program nuklir Iran telah mencapai titik kritis tetapi bukan krisis. Ia mengemukakan hal ini hari Kamis selagi IAEA mengadakan sidang dua hari di Wina untuk mendengarkan argumen Eropa tentang program nuklir Iran.

El Baradei mengatakan Iran masih bisa menempuh langkah-langkah membina kepercayaan, dan Iran tidak menimbulkan ancaman yang segera. Dewan Gubernur IAEA yang beranggota 35 negara membahas rancangan resolusi Eropah yang meminta IAEA melaporkan Iran kepada Dewan Keamanan PBB untuk kemungkinan dikenakan sanksi.

Namun, rancangan resolusi itu menyebut apapun yang hendak dilakukan Dewan Keamanan terhadap Iran harus menunggu sampai sidang IAEA berikutnya awal bulan Maret, suatu konsesi yang diberikan kepada Russia dan Cina.

Pejabat-pejabat Iran mengatakan hari Kamis, Iran akan mengurangi kerjasamanya dengan IAEA jika Iran dilaporkan kepada Dewan Keamanan. Iran sudah berulangkali membantah program nuklirnya ditujukan untuk membuat senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG