Tautan-tautan Akses

Inggris, Perancis, dan Jerman Meminta IAEA Mengajukan Nuklir Iran ke Dewan Keamanan PBB


Inggris, Perancis, dan Jerman telah dengan resmi meminta Badan Energi Atom Internasional atau IAEA agar mengajukan program nuklir Iran ke Dewan Keamanan PBB.

Sebuah konsep resolusi meminta IAEA, yang beranggotakan 35 negara dan akan mengadakan pertemuan hari ini di Wina, agar mengajukan laporan IAEA kepada Dewan Keamanan, yang menimbulkan keraguan mengenai tujuan usaha Iran mengolah uranium.

Uni Eropa dan Amerika Serikat menuduh Teheran secara rahasia berusaha memperoleh uranium kadar tinggi untuk membuat bom atom. Teheran mengatakan mereka ingin memperoleh uranium kadar rendah hanya untuk membangkit tenaga listrik.

Pemungutan suara IAEA diperkirakan akan diadakan dalam pertemuan dua hari di Wina. Tetapi, dalam usaha memperoleh dukungan Rusia dan Cina, resolusi menangguhkan sampai bulan Maret kemungkinan sanksi Dewan Keamanan terhadap Teheran.

Iran telah mengancam akan melanjutkan pengolahan uranium secara besar-besaran dan menghambat inspeksi internasional terhadap sarana nuklirnya jika Iran diajukan ke Dewan keamanan.

XS
SM
MD
LG