Tautan-tautan Akses

Israel Kemungkinan Akan Tangguhkan Pembayaran Kepada Palestina


Israel menyatakan pembayaran kepada Otorita Palestina kemungkinan akan ditangguhkan, hingga pihaknya meninjau-ulang situasi politik setelah pemilu di Palestina pekan lalu.

Kelompok militan Hamas memenangkan pemilu itu. Seorang jurubicara pemerintah Israel mengatakan mentransfer dana kepada Otorita Palestina tidak masuk akal. Israel mengatakan Hamas adalah organisasi teroris. Israel mengumpulkan pendapatan dari pajak dan pabean untuk Otorita Palestina dan sesuai jadwal seyogyanya mentransfer dana sebesar 55 juta dolar kepada Otorita Palestina hari Rabu.

Otorita Palestina mengandalkan dana itu dan bantuan lain untuk membayar gaji kurang lebih 100-ribu pegawai negeri Palestina. Hamas mengatakan pihaknya tidak akan bisa ditekan untuk mengakui Israel dengan cara yang disebutnya ancaman pemerasan internasional berkenan dengan bantuan.

Hari Selasa, menteri luar negeri Rusia mengatakan Rusia akan bekerja sama dengan para pemimpin baru Palestina biarpun jika semua mereka adalah anggota Hamas. Amerika Serikat, Uni Eropa, Rusia dan PBB yang dijuluki sebagai Kuartet Empat, sebelumnya mengatakan bantuan kepada Palestina akan bergantung pada apakah Hamas akan berjanji untuk tidak lagi menggunakan tindak-kekerasan. Lavrov tidak menyinggung soal bantuan.

XS
SM
MD
LG