Tautan-tautan Akses

Sidang Peradilan Dibuka Tanpa Kehadiran Saddam Hussein


Sidang terbaru peradilan mantan pemimpn Irak Saddam Hussein telah telah ditangguhkan sampai hari Kamis, hanya beberapa jam setelah sidang dibuka tanpa kehadiran Saddam. Juga tidak hadir dalam sidang hari Rabu itu, empat dari tujuh terdakwa lain yang diadili bersama Saddam, yang menolak hadir.

Seorang saksi wanita memberitahu mahkamah hari ini bahwa dia ditangkap dan disiksa oleh pasukan keamanan Irak dalam tindakan keras menyusul upaya pembunuhan tahun 1982 terhadap Saddam. Dia menuduh pasukan itu bertindak atas perintah salah seorang terdakwa Barzan Ibrahim, saudara tiri Saddam dab mantan kepala intelijen Irak. Katanya, beberapa anggota keluarganya ditahan dan dibunuh.

Saddam dan terdakwa lainnya diadili dalam kaitan pembunuhan lebih dari 140 warga syiah sertelah upaya pembunuhan 1982 itu. Sidang sebelumnya hari Minggu berakhir dengan Saddam, sejumlah terdakwa lain dan para pengacara meninggalkan ruang sidang setelah perdebatan panas dengan hakim yang memimpin sidang. Para pengacara pembela menuduh hakim, seorang Kurdi, bersikap berat sebelah terhadap para klien mereka.

XS
SM
MD
LG