Tautan-tautan Akses

IAEA: Iran Miliki Dokumen Bagi Pembuatan Komponen Senjata Nuklir


Badan Energi Atom Internasional atau IAEA mengatakan pihaknya telah memperoleh dari Iran sebuah dokumen yang menurut IAEA berisi informasi bagi pembuatan suku cadang senjata nuklir. Komentar itu dikemukakan dalam laporan yang akan diserahkan pada pertemuan IAEA hari Kamis di Wina.

Sementara, Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki mengatakan Teheran akan melarang inspeksi PBB pada fasilitas nuklir mulai hari Sabtu jika Iran dilaporkan ke Dewan Keamanan PBB. Ia juga mengatakan Iran akan memulai lagi aktivitas nuklir yang selama ini ditangguhkan.

Sebelumnya, ke lima anggota-tetap Dewan Keamanan PBB mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Badan Energi Atom Internasional sebaiknya mengadakan voting hari Kamis untuk melaporkan Iran ke dewan itu bagi kemungkinan sanksi.

Sementara itu, seorang pejabat Inggris mengatakan diplomat-diplomat Cina dan Rusia hari Rabu ini akan melangsungkan pembicaraan di Teheran dengan pejabat-pejabat Iran. Pesan mereka nanti adalah negara-negara yang bersimpati kepada Iran masih prihatin atas ambisi nuklir yang dituduhkan terhadap Teheran. Pejabat-pejabat Eropa dan Amerika menuduh Iran hendak membuat senjata nuklir. Teheran mengatakan program nuklirnya adalah untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG