Tautan-tautan Akses

Wartawan Amerika Cedera Akibat Ledakan di Irak


Pemandu berita televisi Amerika Bob Woodruff dan juru kameranya cedera gawat akibat ledakan ketika sedang melaporkan keadaan di Irak. Jaringan televisi Amerika ABC News mengatakan Woodruff dan juru-kamera Doug Vogt sekarang dalam keadaan stabil dan menjalani operasi di sebuah rumah sakit militer Amerika di Irak. Jaringan itu mengatakan mereka sekarang akan diterbangkan ke fasilitas medis Amerika di Jerman.

Kedua orang itu sedang melakukan perjalanan bersama satuan tentara Irak dekat Baghdad ketika kendaraan mereka menerjang ranjau. Woodruff baru-baru ini diangkat menjadi salah seorang pemandu berita (anchor) dalam acara ABC News’ World News Tonight setelah orang yang menjadi pemandu berita cukup lama di televisi itu, Peter Jennings meninggal dunia.

Sementara, polisi Irak mengatakan serangan bom mobil terhadap gereja-gereja di Baghdad dan Kirkuk menewaskan sekurang-kurangnya tiga orang dan mencederai beberapa lainnya. Mereka mengatakan mobil-mobil itu meledak hampir pada waktu bersamaan di luar dua gereja di Kirkuk dan empat di Baghdad. Ledakan itu terjadi tidak lama setelah pejabat-pejabat Irak mereseskan pengadilan diktator Saddam Hussein yang digulingkan, sampai sekurang-kurangnya Rabu mendatang.

Saddam dan beberapa terdakwa lainnya dikeluarkan dari persidangan hari Ahad, setelah hakim ketua yang baru mengusir saudara tiri Saddam, tertuduh Barzan al Tikriti yang kemudian diseret keluar oleh para pengawal. Beberapa pengacara keluar ruang sidang sebagai protes. Mantan pemimpin Irak dan tujuh terdakwa lainnya dikenakan tuduhan membunuh 148 orang di kota Dujail setelah usaha pembunuhan terhadap Saddam yang gagal di kota itu pada tahun 1982.

Dalam kekerasan lainnya hari Ahad, seorang pembom mobil bunuh diri menewaskan empat tentara Irak dekat kota asal Saddam, Tikrit. Serangan pembrontak lain menewaskan 10 orang dekat Baghdad.

XS
SM
MD
LG