Tautan-tautan Akses

Kolombia Berhasil Membongkar Jaringan Pemalsu Paspor


Pejabat-pejabat berwenang Kolombia mengatakan mereka berhasil membongkar jaringan pemalsu paspor yang berkaitan dengan al-Qaida dan kelompok militan muslim, Hamas, dan menahan 19 orang sehubungan dengan kasus itu.

Tim jaksa penuntut mengatakan hari Kamis bahwa tiga anggota badan intelijens negara, yang dikenal sebagai DAS, adalah di antara yang ditahan dan bahwa satu di antara mereka adalah di antara delapan orang yang dicari oleh Amerika Serikat untuk diekstradisi. Para pejabat juga mengatakan seorang anggota Kantor Pendaftaran Nasional Kolombia ditahan dalam razia itu.

Pihak berwenang mengatakan penahanan itu dilakukan menyusul penyelidikan yang dimulai tahun 2002. Laporan-laporan media lokal mengatakan jaringan pemalsuan paspor itu memungkinkan warga negara asing melakukan perjalanan -- sebagai warga Kolombia -- ke Eropa dan Amerika Serikat.

Laporan-laporan itu mengatakan para tersangka itu mengirimkan paspor-paspor palsu ke orang-orang di Pakistan, Yordania, Irak dan Mesir, yang sebenarnya belum pernah ke Kolombia.

XS
SM
MD
LG