Tautan-tautan Akses

Teheran Bersikap Positif atas Usulan untuk Memperkaya Uranium di Rusia


Pejabat tinggi nuklir Iran mengatakan Teheran bersikap positif atas usulan untuk memperkaya uranium di tanah Rusia untuk digunakan di reaktor-reaktor Iran.

Namun, perunding nuklir Iran Ali Larijani mengatakan kepada para wartawan, bahwa kedua negara belum mencapai kesepakatan atas rencana itu.

Larijani yang membicarakan isu nuklir dengan para pejabat Rusia, juga mengulang kembali ancaman Teheran untuk melanjutkan kembali usaha pengkayaan uranium skala industri jika masalah ini dilimpahkan ke Dewan Keamanan PBB.

Seorang Pejabat Kementrian Luar Negeri Inggris mengatakan, para menteri Ln dari lima anggota tetap Dewan Keamanan dan Jerman berencana untuk bertemua di London senin mendatang untuk mengadakan pembicaraan mengenai isu Iran.

Badan Tenaga Atom Internasional juga dijadualkan akan bertemu tanggal 2 Februari mendatang untuk membahas sejumlah pilihan dalam berurusan dengan Iran, termasuk melaporkan ke Dewan Keamanan untuk kemungkinan dijatuhkan sanksi.

Awal bulan ini, Teheran melanggar moratorium riset nuklir dua tahun, tapi bersikeras menyatakan ambisi nuklirnya untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG