Tautan-tautan Akses

Seorang Anggota Militer AS Dinyatakan Bersalah Atas Meninggalnya Jenderal Irak


Seorang interogator Angkatan Darat Amerika telah diputus bersalah menyebabkan meninggalnya seorang jenderal Irak pada saat menghadapi pemeriksaan lebih dua tahun lalu. Namun, yuri pengadilan militer beranggotakan enam perwira itu memutuskan tentara yang melakukan interogasi itu tidak bersalah melakukan pembunuhan -- tuduhan yang bisa membawanya ke penjara seumur hidup.

Pengadilan militer itu menemukan bukti bahwa Lewis Welshofer Junior bersalah mengakibatkan kematian tanpa sengaja – dakwaan dengan ancaman hukuman maksimum tiga tahun penjara. Welshofer, seorang spesialis interogasi dengan pangkat pembantu letnan satu, dituduh telah menutup kepala jenderal Irak itu dengan kantong tidur, duduk di atas dadanya dan menutup mulut sang jenderal.

Sang korban, mayor jenderal Abed Hamed Mowhoush meninggal setelah diinterogasi bulan November 2003. Dewan yuri melaporkan putusan itu hari Sabtu malam setelah mengadakan deliberasi selama enam jam di Fort Carson, Colorado.

Penasihat hukum Welshofer mengatakan apa yang dilakukan Welshofer semata-mata untuk melindungi keamanan Amerika dengan menggali informasi dari jenderal yang memimpin pemberontakan di Irak Barat. Para jaksa penuntut mengatakan Welshofer mengetahui dia mempunyai tugas memperlakukan jenderal itu secara manusiawi.

XS
SM
MD
LG