Tautan-tautan Akses

Nigeria Upayakan Pembebasan 4 Pekerja Perminyakan Secara Damai


Para pejabat pemerintah Nigeria mengatakan usaha damai akan ditempuh untuk membebaskan 4 pekerja perminyakan yang diculik awal bulan ini di wilayah delta Niger. Menteri penerangan Nigeria Frank Nweke mengatakan pemerintah Nigeria hendak menegakkan hukum, tata tertib dan perdamaian. Ia juga membantah laporan dari kelompok militan bahwa salah seorang sandera sakit keras.

Para penculik telah mengancam akan membunuh tiga sandera lainnya kalau sandera yang sakit itu meninggal. Para penculik menuntut pembebasan seorang pemimpin milisi lokal yang dipenjarakan dan mantan gubernur provinsi. Mereka juga meminta ganti rugi bagi pencemaran yang terjadi dan wewenang lokal yang lebih besar atas kekayaan minyak di wilayah itu.

Tindak kekerasan terhadap perusahaan-perusahaan minyak biasa terjadi di wilayah itu, di mana banyak penduduknya mengatakan tidak menerima banyak manfaat dari ladang minyak di sana. Kedua serikat sekerja perminyakan utama Nigeria mengatakan mereka akan menarik karyawan mereka dari ladang minyak delta itu apabila situasi keamanan di sana memburuk.

XS
SM
MD
LG