Tautan-tautan Akses

AS: Teheran Makin Terkucil Karena Program Nuklirnya  


Amerika Serikat mengatakan berita bahwa Iran memindahkan dana cadangannya dari Eropa ke Asia tenggara merupakan pertanda bahwa Teheran makin terkucil disebabkan oleh program nuklirnya.

Di Washington hari Jumat, seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan tindakan Iran itu tidak akan menghalangi usaha internasional untuk mengajukan kegiatan nuklir Teheran ke Dewan Keamanan PBB. Dia mengatakan itu setelah Gubernur Bank Sentral Iran mengatakan Teheran telah mulai memindahkan dana cadangan dari bank-bank di Eropa ke Asia tenggara.

Tindakan itu luas dipandang sebagai upaya Iran untuk melindungi dana cadangannya jika sanksi-sanksi PBB diberlakukan. Washington menuduh Iran berusaha membuat senjata nuklir – tuduhan yang dibantah Teheran.

Negara Islam itu juga telah memperingatkan bahwa sanksi-sanksi dapat memicu terjadinya krisis perminyakan dan perbankan di seluruh dunia. Iran adalah penghasil minyak terbesar kedua dalam Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak(OPEC), setelah Arab Saudi.

XS
SM
MD
LG