Tautan-tautan Akses

Rekaman Suara al-Zawahiri Memuji Pejuang Muslim di Afghanistan


Sebuah kaset rekaman suara yang disebut sebagai suara Ayman al-Zawahiri -- orang nomor dua al-Qaida -- memuji para pejuang muslim di Afghanistan. Rekaman selama 17 menit itu dimuat di Internet hari Jumat.

Pembicara dalam kaset itu membaca puisi yang memuji yang disebutnya para syuhada jihad, atau perang suci. Tanggal rekaman tersebut belum dapat segera diketahui, dan juga belum jelas apakah rekaman itu dibuat setelah terjadinya serangan udara oleh Amerika Serikat pekan lalu di Pakistan, yang kata para pejabat ditujukan pada al-Zawahiri.

Di Washington, seorang pejabat Amerika, yang tidak bersedia namanya disebut, mengatakan para pejabat intelijen sedang memeriksa rekaman itu untuk mengetahui apakah pembicara dalam rekaman itu memang benar al-Zawahiri.

Rekaman suara itu keluar satu hari setelah sebuah kaset rekaman suara yang dibuat Osama bin Laden memperingatkan akan terjadinya serangan baru di Amerika Serikat. Bin Laden juga menawarkan gencatan senjata. Tawaran itu segera ditolak oleh pemerintahan Bush.

XS
SM
MD
LG