Tautan-tautan Akses

Cheney Langsungkan Pembicaraan Dengan Pemimpin-Pemimpin Mesir dan Saudi


Wakil Presiden Amerika Dick Cheney telah bertemu dengan pemimpin-pemimpin Mesir dan Arab Saudi untuk pembicaraan mengenai berbagai isu regional termasuk keprihatinan mengenai Syria.

Amerika Serikat menuduh Syria tidak bersedia bekerja-sama dengan tim penyelidik PBB dalam kematian mantan Perdana Menteri Lebanon Rafiq Hariri. Para pejabat Saudi mengatakan baik raja Abdullah maupun Cheney sependapat dalam pembicaraan hari Selasa bahwa Syria harus bekerja sama dalam penyidikan itu,

Sebelumnya, Cheney bertemu dengan Presiden Hosni Mubarak di Kairo, di mana mereka juga membahas penyidikan kematian Hariri itu. Para pejabat dari Mesir maupun Arab Saudi telah menyatakan keprihatinan sengketa dengan Syria itu bisa mempengaruhi stabilitas regional.

Sebelum bertolak dari Riyadh hari Selasa, wakil presiden Amerika itu bertemu dengan putra Hariri, Saad, seorang anggota parlemen Lebanon. Kemudian, Cheney bertolak ke Kuwait, di mana ia akan memberi penghormatan menyusul kematian Emir Sheikh Jaber al-Ahmad al Sabah hari Minggu yang lalu.

XS
SM
MD
LG