Tautan-tautan Akses

Ribuan Rakyat Pakistan Berdemonstrasi Memprotes Serangan Udara AS


Ribuan orang berdemonstrasi di Pakistan mengutuk yang dikatakan sebagai serangan udara Amerika yang menewaskan 18 penduduk sipil di daerah suku tertentu tetapi dikabarkan tidak mengenai sasaran yang dituju – Ayman al Zawahiri, wakil pemimpin al Qaeda, Osama bin Laden.

Sampai 10 ribu orang berbaris melalui jalan-jalan di kota terbesar Pakistan, Karachi, hari Ahad, meneriakkan slogan-slogan anti Amerika. Aksi protes yang lebih kecil diadakan di Islamabad, Lahore, Pashawar dan di kota-kota lain.

Pemerintah Pakistan dengan keras mengutuk serangan udara hari Jumat itu di desa Damadola dan memanggil dutabesar Amerika Ryan Crocker untuk memrotes kejadian itu.

Di Washington, Senator Republik John McCain membela serangan itu yang dikabarkan dilancarkan dengan pesawat tak berawak yang dioperasikan oleh CIA. Ia mengatakan meskipun jatuhnya korban orang yang tidak berdosa disesalkan, AS harus melakukan apa pun yang perlu untuk menghabisi orang-orang al Qaida yang masih aktif.

Pejabat-pejabat Pakistan mengatakan al Zawahiri tidak berada di desa itu pada waktu itu. Mereka mengatakan mereka sedang mengecek laporan-laporan bahwa sekurang-kurangnya tujuh orang ekstremis di antara yang tewas.

XS
SM
MD
LG