Tautan-tautan Akses

WHO: Wabah Flu Burung di Turki Bisa Dengan Mudah Dikendalikan


Kepala tim WHO yang menyelidiki flu burung yang merebak di Turki mengatakan ia beranggapan hal itu bisa dengan mudah dikendalikan. Guenael Rodier hari Selasa mengatakan tidak ada bukti penyakit itu ditularkan akibat kontak manusia-ke-manusia. Ia mengatakan kasus flu itu itu tampaknya mirip dengan apa yang terjadi di Asia – keluarga-keluarga kecil bersenggolan dengan unggas terinfeksi. Tetapi pejabat-pejabat kesehatan khawatir bertambahnya jumlah kasus manusia meningkatkan kemungkinan virus H5N1 bermutasi menjadi virus manusia yang bisa mengakibatkan pandemi sedunia.

Pejabat-pejabat kesehatan Turki hari Selasa mengukuhkan kasus ke-15 flu burung sementara Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan meyakinkan bangsanya dan tetangga-tetangga Turki kasus flu burung itu sudah terkendalikan. Erdogan mengatakan pejabat-pejabat pertanian terus memantau keadaan itu. Para petugas Departemen Pertanian mengatakan mereka telah membunuh sekitar 300-ribu unggas dan telah meningkatkan kampanye informasi untuk memberitahu orang mengenai bahaya yang ditimbulkan oleh flu burung.

Sekitar 70 orang di Turki masuk rumah sakit karena bergejala flu avian, tetapi menurut kantor berita Associated Press – pejabat-pejabat kesehatan mengatakan umumnya ke 70-orang itu setelah dites ternyata tidak terinfeksi flu burung. Di Ukraina, pejabat-pejabat kesehatan hari ini mengukuhkan beberapa kasus H5NI pada unggas di tiga perternakan ayam di semenanjung Krimea tersebut. Flu burung telah menewaskan lebih 70 orang di Asia sejak 2003, dan setidaknya dua orang di Turki.

XS
SM
MD
LG