Tautan-tautan Akses

Calon Hakim Agung AS Hadapi Pertanyaan Soal Aborsi dan Wewenang Eksekutif


Calon hakim Agung Amerika Samuel Alito memberi kesaksian bahwa tidak seorangpun yang lebih tinggi dari hukum, termasuk seorang presiden semasa perang.

Sewaktu putaran tanya-jawab hari Selasa pada sidang dengar keterangan pengukuhannya di Senat, Alito ditanya caranya nanti mempertimbangkan wewenang kepresidenan semasa perang terhadap kebebasan sipil perorangan. Alito menjawab bahwa 'bill of rights' dalam Konstitusi Amerika berlaku setiap saat, dan tidak seorangpun yang lebih tinggi dari hukum.

Isu wewenang kepresidenan disorot sejak Presiden Bush mengaku ia mengizinkan program pengintaian elektronik rahasia, yang memantau komunikasi antara orang di Amerika Serikat dan di luar negeri tanpa surat perintah pengadilan.

Senator dari partai Demokrat Ted Kennedy mengatakan rekor Alito menunjukkan ia “melakukan segala upaya” untuk membela wewenang eksekutif. Alito juga memberi kesaksian bahwa ia beranggapan Konstitusi Amerika melindungi hak memperoleh privasi, fondasi utama bagi keputusan Mahkamah Agung tahun 1973 yang mengizinkan aborsi. Banyak kalangan Demokrat prihatin bahwa Alito akan menggeser perimbangan ideologi mahkamah itu ke arah kanan.

XS
SM
MD
LG