Tautan-tautan Akses

Rusia dan AS Kecewa dengan Keputusan Iran Melanjutkan Riset Bahan Bakar Nuklir


Rusia mengatakan pihaknya sepakat dengan Amerika yang merasa kecewa dengan keputusan Iran untuk melanjutkan kembali riset bahan bakar nuklirnya.

Kementerian LN Rusia mengeluarkan sebuah pernyataan mengenai situasi Iran itu hari ini, menyusul pembicaraan antar Menteri LN Rusia Sergei Lavrov dan Menteri LN Amerika Condoleezza Rice.

Para pejabat Eropa juga mengecam pengumuman Iran yang mencabut segel PBB dan memulai kembali kegiatan di salah satu instalasi nuklirnya. Para pejabat Inggris, Perancis, dan Jerman akan bertemu pekan ini untuk kemungkinan meminta Dewan Keamanan PBB menjatuhkan sanksi terhadap Iran.

Badan Tenaga Atom Internasional, lembaga pengawas nuklir PBB, mengatakan Iran berencana untuk memproduksi secara terbatas bahan bakar nuklir untuk tujuan riset. Para pejabat Iran mengatakan, pekerjaan ilmiah itu telah kembali dimulai namun mereka belum mengakhiri moratorium mengenai produksi bahan bakar nuklir.

Amerika dan sekutu-sekutu Eropanya mengatakan tujuan akhir Iran adalah membangun senjata nuklir – sebuah tuduhan yang dibantah Teheran

XS
SM
MD
LG