Tautan-tautan Akses

Presiden Karzai: Narkoba Ancaman Lebih Besar Daripada Terorisme


Presiden Afghanistan Hamid Karzai memperingatkan perdagangan candu dan heroin yang meningkat sekarang ini merupakan ancaman bagi keberadaan Afghanistan sebagai negara-bangsa.

Dalam wawancara dengan kantor berita Associated Press hari Ahad, pemimpin Afghanistan itu menyebut obat terlarang itu merupakan ancaman yang lebih besar daripada terorisme. Ia mengatakan teroris dan kelompok-kelompok kriminal asing memaksa para petani menanam tanaman-tanaman ganja. Ia mengatakan obat terlarang meng-kriminalkan perekonomian, mencemari citra negara itu dan menghambat pembangunan institusi-institusi pemerintahan yang kuat.

Dalam wawancara itu, Presiden Karzai juga mengundang pemimpin Taleban Mullah Omar agar menghubungi pemerintahnya dan mengusahakan rekonsiliasi. Tetapi ia mengemukakan keraguannya bahwa pemimpin yang menjadi buron itu akan keluar dari tempat persembunyiannya.

Pemimpin Afghanistan itu juga mengatakan bahwa pasukan pimpinan NATO yang mengambil alih tanggung jawab keamanan di bagian selatan negara itu harus tidak menggunakan taktik yang agresif tanpa persetujuan pemerintah Afghanistan.

XS
SM
MD
LG