Tautan-tautan Akses

Iran Tetap Akan Lanjutkan Riset Nuklirnya Hari Senin


Iran mengatakan akan melanjutkan riset nuklir-nya hari Senin. Di Teheran hari Sabtu, para pejabat Iran mengatakan para inspektur Badan Tenaga Atom Internasional, IAEA, akan menyingkirkan segel-segel dari fasilitas nuklir negara itu. Iran mengatakan akan menjalin kontak erat dengan IAEA mengenai program riset itu.

Pengumuman itu dikeluarkan saat kedatangan para pejabat Rusia bagi perundingan untuk mengusahakan jalan keluar dari kebuntuan dengan Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Usul Moskow, yang didukung para pejabat Amerika dan Uni Eropa adalah agar Teheran memindahkan sepenuhnya proses pengayaan uranium dari wilayahnya ke wilayah Rusia untuk memastikan Iran tidak dapat membuat senjata nuklir.

Austria yang kini menjadi ketua Uni Eropa mengatakan Uni Eropa menyesalkan pengumuman Iran pada saat kepercayaan internasional atas sifat damai programnya jauh dari pulih kembali. Iran mengatakan program nuklirnya hanya untuk maksud damai. Amerika dan Eropa menuduh Iran melakukan upaya terselubung untuk membuat bom atom.

XS
SM
MD
LG