Tautan-tautan Akses

Rusia Hentikan Pasokan Gas Alam ke Ukraina


Perusahaan monopoli gas alam milik pemerintah Rusia mulai mengurangi pengiriman gas alam ke Ukraina setelah perundingan gagal untuk memecahkan perselisihan mengenai harga. Jurubicara perusahaan Gazprom, Sergei Kupriyanov mengatakan gas dalam saluran pipa dikurangi sampai 120 juta meter kubik tiap hari – sama dengan jumlah impor harian Ukraina.

Perusahaan minyak dan gas nasional Ukraina, Naftogaz, menguatkan bahwa arus gas alam dari Rusia telah dikurangi dan mengatakan tindakan itu tidak dapat diterima. PresidenUkraina Viktor Yushchenko mengecam Moscow karena berusaha menekan Kiev, tetapi kemudian mengatakan pasokan gas ke Eropa yang melalui Ukraina tidak akan berubah.

Pejabat-pejabat Ukraina juga mengatakan negara itu mempunyai cadangan gas cukup sampai musim dingin berakhir. Gazprom ingin melipatkan sampai empat kali harga gasnya, mengatakan Ukraina adalah negara yang menerapkan perekonomian pasar dan harus membayar dengan harga pasar.

Kiev mengatakan bersedia membayar dengan harga lebih tinggi, tetapi perubahan itu harus bertahap untuk mencegah keterkejutan terhadap perekonomiannya yang sedang berusaha tegak kembali. Uni Eropa mengatakan komisi bahan bakarnya akan bersidang Rabu ini untuk membahas keadaan itu.

XS
SM
MD
LG