Tautan-tautan Akses

Rusia Berjanji Pulihkan Pasokan Gas ke Eropa


Para pemimpin Eropa berseru agar pertikaian mengenai gas alam antara Rusia dan Ukraina segera diselesaikan, sementara pasokan gas alam dari Rusia ke Eropa berkurang tajam menyusul keputusan Rusia menghentikan penjualan gas alam kepada Ukraina.

Jerman selaku pembeli terbesar gas dari Rusia meminta Rusia agar bertindak secara bertanggungjawab. Para pejabat Uni Eropa akan bersidang hari Rabu membicarakan krisis itu. Perusahaan negara gas alam Rusia Gazprom menjelaskan, pihaknya sedang berusaha memulihkan pasokan penuh gas ke Eropa lewat Ukraina.

Gazprom mengatakan akan menambah pasokan untuk mengganti kekurangan yang terjadi setibanya gas itu di Eropa. Menurut Gazprom kekurangan itu akibat dicuri Ukraina di tengah jalan. Ukraina membantah tuduhan tersebut. Eropa mengimpor sampai separoh kebutuhannya akan gas alam dari Rusia sebagian besar dikirim lewat Ukraina.

Arus gas berkurang sejak hari Minggu tatkala Rusia menghentikan pengiriman ke Ukraina. Rusia ingin menaikkan harga gas yang dijualnya kepada Ukraina. Ukraina mengatakan kenaikan hendaknya dilakukan bertahap, dan menuduh Moskow melakukan tekanan politis.

Prancis, Jerman, Austria, Slovakia, Hungaria, Polandia, Italia, dan Rumania mengabarkan berkurangnya pasokan gas pada mereka hari Senin. Moldova mengatakan pasokan gas ke negeri itu telah diputuskan.

XS
SM
MD
LG