Tautan-tautan Akses

Human Rights Watch Serukan Investigasi Atas Kematian 23 Pengungsi Sudan di Kairo


Kelompok internasional Human Rights Watch telah menyerukan agar dilakukan investigasi independen atas kematian sedikitnya 23 pengungsi Sudan dalam bentrokan dengan polisi Mesir di Cairo, Jumat kemarin. Organisasi di New York itu menyatakan, polisi telah bertindak kejam ketika secara paksa membubarkan kerusuhan oleh ribuan pengungsi Sudan di kam di Cairo.

Sekretaris-Jenderal PBB Kofi Annan mengatakan konfrontasi fatal antara polisi Mesir dan pengungsi Sudan di Kairo adalah peristiwa yang mengerikan dan tragedi yang tidak bisa dibenarkan. Sedikitnya 23 pengungsi Sudan tewas ketika ribuan polisi Mesir menyerbu satu kamp pengungsi untuk membubarkan aksi protes yang telah berlangsung selama tiga bulan ini.

Kira-kira 2500 pengungsi Sudan berkemah di kawasan perumahan mahal dekat kantor perwakilan PBB dan minta dimukimkan di negara lain Kementerian Dalam Negeri menyebutkan korban yang tewas mati karena terinjak-injak, tapi wartawan mengatakan, polisi memukuli pengungsi dengan pentungan , termasuk terhadap perempuan dan anak-anak.

XS
SM
MD
LG