Tautan-tautan Akses

Penengah Internasional Serukan Otoritas Palestina Menjamin Pemilu Parlemen Yang Adil


Para penengah internasional yang mendesak pelaksanaan rancangan perdamaian Timur Tengah menyerukan Otoritas Palestina agar menjamin pemilu parlemen bulan depan diselenggarakan dengan jujur, bebas dan transparan.

Dalam sebuah pernyataan, para diplomat Amerika, Rusia, Uni Eropa dan PBB mendesak peserta pemilu tanggal 25 Januari itu mengakui hak Israel untuk hidup. Apa yang disebut sebagai quartet itu juga menyerukan agar faksi-faksi Palestina melucuti diri dan meninggalkan kekerasan.

Pernyataan hari Rabu itu dikeluarkan hanya beberapa jam setelah sayap-sayap Partai Fatah Palestina yang bersaing mengajukan daftar calon gabungan bagi pemilu itu. Daftar itu – yang dipimpin oleh tokoh intifada yang dipenjarakan, Marwan Barghouti – merupakan upaya Fatah untuk membenahi jurang perselisihan yang dikhawatirkan dapat memecah suara pemilih dan mengorbitkan partai Islamis militan Hamas ke posisi menonjol. Hamas yang dipandang sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat—telah bersumpah hendak menghancurkan Israel.

XS
SM
MD
LG