Tautan-tautan Akses

Sengketa Gas Ukraina-Rusia Berlanjut


Menteri Energi Rusia membantah laporan mengenai kesepakatan yang dikompromikan dengan Ukraina terkait harga gas alam yang akan dipasok ke Ukraina tahun depan.

Viktor Khrisenko hari Selasa mengatakan Rusia bermaksud memberi Ukraina harga pasar dunia untuk gas alam mulai hari Tahun Baru. Ia berkata demikian hanya beberapa jam setelah Menteri Energi Ukraina Ivan Plachkov melaporkan tentang kompromi sementara atas isu itu.

Pembelian dengan harga gas dunia akan berarti peningkatan empat kali lipat dari yang dibayar sekarang ini oleh Ukraina. Plachkov ditunggu kedatangannya di Moskow hari Rabu untuk membahas sengketa itu.

Sementara itu, Presiden Ukraina Viktor Yuschenko menelpon Presiden Rusia Vladimir Putih, untuk membahas apa yang disebut pejabat Rusia isu-isu bilateral. Yuschenko bersedia mematuhi kesepakatan yang sekarang mengenai penggunaan pangkalan angkatan laut Savastopol di semenanjung Krimea Ukraina oleh Rusia.

Ukraina tadinya mengancam akan menaikkan sewa bagi pangkalan tersebut, tampaknya dalam menanggapi sengketa gas alam itu.

XS
SM
MD
LG