Tautan-tautan Akses

Setahun Bencana Tsunami Diperingati di Empat Negara


Negara-negara kawasan Lautan Hindia yang terhebat diterjang tsunami tahun lalu menyenggarakan upacara memperingati ulang tahun pertama bencana itu yang menewaskan sekitar 230 ribu orang. Di Banda Aceh – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membunyikan sirene baru tanda peringatan tsunami tepat pukul 8.16 pagi hari Senin, saat gelombang pertama air laut menerjang daratan. Korban tewas di Indonesia akibat bencana itu diduga sekitar 170 ribu orang.

Di Sri Lanka – Presiden Mahinda Rajapakse membuka selubung tugu peringatan bagi korban di desa Peraliya. Di sanalah gelombang besar laut menggulingkan kereta-api dan menewaskan lebih dari seribu orang. Sri Lanka mengatakan jumlah korban tewas di pihaknya lebih dari 30 ribu orang. Di Thailand – Perdana Menteri Thaksin Shinawatra meletakkan batu pertama tugu peringatan di Khao Lak, pantai wisata yang diterjang terhebat oleh tsunami itu. Jumlah yang tewas di negeri itu dikatakan lebih dari delapan ribu orang. India juga menyelenggarakan peringatan bagi sekitar 18 ribu orang yang tewas di negeri itu.

Sementara, Presiden Bush mengatakan Amerika tetap komit menolong korban tsunami kawasan Samudra Hindia untuk membangun kembali kehidupan mereka. Dalam pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih sementara ia berangkat untuk berlibur di ranchnya di Texas, ia mengatakan bangsa Amerika mengenang dan berdo’a bagi mereka yang menderita akibat musibah itu. Ia juga memuji semua upaya serta kemurahan hati Angkatan Bersenjata Amerika, petugas pertolongan dan lainya yang telah menyumbang dalam operasi pertolongan bagi korban bencana itu.

XS
SM
MD
LG