Tautan-tautan Akses

Pengadilan Libya Batalkan Hukuman Mati Dalam Kasus AIDS


Mahkamah Agung Libya telah memerintahkan digelarnya pemeriksaan baru terhadap lima perawat Bulgaria dan seorang dokter Palestina yang telah dijatuhi dihukum mati karena tuduhan menyebabkan anak-anak Libya terinfeksi virus AIDS. Mentri Kehakiman Libya, Ali Hasnawi, dikutip hari Ahad mengatakan pemeriksaan baru itu akan diadakan dalam waktu sebulan ini dan akan diketuai oleh hakim-hakim baru.

Para tertuduh ditahan pada tahun 1999 dengan tuduhan secara sadar menginfeksi lebih dari 400 anak-anak Libya dengan HIV. Tetapi, para pakar kedokteran mengatakan infeksi itu terjadi sebelum kedatangan pekerja-pekerja asing itu dan kemungkinan disebabkan oleh kebersihan yang tidak baik di rumah sakit.

Pekan lalu, Bulgaria mengumumkan pembentukan dana untuk anak-anak yang terinfeksi AIDS di Libya. Para analis mengatakan keluarga anak-anak itu mungkin telah sepakat untuk mencabut tuntutan agar ke-enam orang itu dikenai hukuman mati sebagai imbalan kompensasi yang diberikan kepada mereka. Para analis juga mengatakan para perawat itu mungkin akan dibebaskan setelah kompensasi itu dibayar.

XS
SM
MD
LG