Tautan-tautan Akses

35 Partai Politik Tolak Hasil Awal Pemilu Irak


35 partai politik termasuk Arab Suni dan Syi’ah sekuler menolak hasil awal pemilihan umum pekan lalu. Mereka mengeluarkan pernyataan-bersama hari Kamis meminta dilakukan penyelidikan internasional terhadap yang dikatakan sebagai kecurangan dalam pemilihan itu.

Partai itu termasuk koalisi Arab Suni dan Syi’ah sekuler pimpinan bekas perdana menteri Iyad Allawi. Hasil pertama pemilihan tanggal 15 bulan ini menunjukkan koalisi besar Syi’ah unggul kuat.

Sementara itu – menteri pertahanan Amerika, Donald Rumsfeld hari Kamis mendadak mengunjungi Baghdad menemui pasukan Amerika dan para pejabat Irak. Ia menerangkan kepada wartawan, sekarang adalah tahap yang kritis di Irak yang akan membentuk pemerintah untuk empat tahun ke depan. Ia mengatakan, Amerika ingin melihat orang-orang yang nanti berkuasa dapat mempertahankan Irak bersatu bukan memecahnya.

Perdana menteri Inggris Tony Blair dan perdana menteri Polandia juga melakukan kunjungan tersendiri tanpa pengumuman. Mereka menemui pasukan masing-masing yang bertugas di Irak. Dalam kekerasan terbaru, ledakan bom hari Kamis di Baghdad menewaskan seorang anggota pasukan Amerika.

XS
SM
MD
LG