Tautan-tautan Akses

Koalisi Arab Sunni Mempertanyakan Hasil Sementara Pemungutan Suara di Irak


Koalisi Arab Sunni terbesar di Irak mempertanyakan hasil sementara pemungutan suara yang menunjukkan koalisi Shi’ah unggul besar dalam pemilihan parlemen pekan lalu.

Para pemimpin Front Konsensus Irak mengatakan hasil awal tidak sesuai dengan hasil perhitungan mereka di provinsi Baghdad, dan memperingatkan mereka mungkin akan menuntut dilakukannya pemilu ulang.

Hasil sementara menunjukkan koalisi Sunni meraih 19 persen suara, dan Aliansi Irak Bersatu yang didominasi Shi’ah memperoleh 59 persen suara di Baghdad. Hasil akhir diperkirakan akan diumumkan awal bulan depan.

Sementara itu, Duta Besar AS Zalmay Khalilzad mengungkapkan rasa prihatin mengenai hasil pemilu di bagian lain Irak yang menunjukkan sebagian besar terbagi antara garis keagamaan dan garis kesukuan. Dia mengatakan masa depan Irak bergantung pada kerjasama antar-suku.

Di Washington, Presiden Bush menelepon Presiden Irak Jalal Talabani dan Perdana Menteri Ibrahim al-Jaafari hari Selasa untuk menyampaikan ucapan selamat kepada mereka atas berlangsungnya pemilihan itu.

XS
SM
MD
LG