Tautan-tautan Akses

Koalisi Politik Arab Sunni Irak Mengancam Akan Tuntut Pemilu Ulang


Koalisi politik Arab Sunni terbesar di Irak mempertanyakan hasil sementara pemilu pendahuluan anggota parlemen minggu lalu dan mengancam akan menuntut pemilu ulang.

Front Konsensus Irak mengatakan, hasil pemilu ini tidak sesuai dengan hasil perhitungan mereka di propinsi Baghdad. Mereka mengatakan, jika situasi ini tidak dibenahi, mereka akan menuntut dilakukannya pemilu ulang di propinsi tersebut.

Hasil sementara pemilu ini memberikan koalisi sunni 19 persen suara dan Persekutuan Persatuan Irak yang didominasi shiah sebesar 59 persen. Komisi pemilu Irak mengatakan, pihaknya telah menerima sejumlah komplain mengenai perhitungan suara tersebut, namun sebagian besar tidak serius.

Presiden Bush menelepon Presiden Irak Jalal Talabani dan Perdana menteri Ibrahim Jafaari hari ini untuk memberikan selamat kepada mereka atas pemilu ini.

Sementara itu, para pemberontak menculik seorang sopir dari kedutaan besar Yordania di Baghdad hari ini. Ini adalah kasus terbaru dari serangkaian kasus penculikan diplomat Arab dan pegawai kedutaan di Irak.

XS
SM
MD
LG