Tautan-tautan Akses

Wapres Dick Cheney Lakukan Kunjungan Mendadak ke Irak


Wakil Presiden Amerika Dick Cheney melakukan kunjungan mendadak ke Irak, dimana ia memuji pemilihan anggota parlemen pekan lalu sebagai tonggak penting. Wakil Presiden Cheney bertemu dengan pejabat-pejabat tertinggi Amerika dan Irak di Baghdad, termasuk presiden Irak Jalal Talabani yang memuji Amerika Serikat karena bantuannya membebaskan rakyat Irak. Wakil Presiden Cheney juga berbicara dengan prajurit-prajurit Amerika dekat Baghdad, mengatakan ia mengharapkan sebagian pasukan akan mulai ditarik pulang tahun depan.

Sedangkan di Washington, Presiden Bush mengucapkan pidato penting kepada bangsa Amerika mengenai Irak hari Minggu malam ini. Presiden Bush mengemukakan garis besar strateginya untuk memperoleh kemenangan di Irak dan memperingatkan kepada mereka yang menyerukan agar pasukan Amerika ditarik dari Irak. Dalam sari naskah pidato yang diumumkan, Presiden Bush mengatakan ia akan mengatakan kepada rakyat Amerika mengenai kemajuan yang telah dicapai dan tantangan yang akan dihadapi di depan.

Bush mengatakan bahwa pemilihan anggota parlemen Irak pekan lalu tidak berarti berakhirnya kekerasan di Irak, tetapi permulaan sesuatu yang baru. Presiden Bush mengatakan pasukan Amerika dan para komandan mereka tidak berpendapat bahwa Amerika sedang menghadapi kekalahan dalam perangnya di Irak dan bahwa kaum teroris sedang menghadapi masa-masa akhirnya. Presiden Bush mengemukakan kepada rakyat Amerika bahwa menarik pasukan Amerika sebelum tugas mereka selesai akan memberikan Irak kepada kaum teroris dan mengirim isyarat kepada dunia bahwa Amerika serikat tidak dapat dipercaya untuk memegang teguh janjinya.

Sementara, Mentri LN Jerman Frank-Walter Steinmeier mengatakan sandera Jerman di Irak, arkeolog Susanne Osthoff sudah dibawa ke Kedutaan Besar Jerman di Baghdad. Ia mengatakan para penculik diperkirakan akan juga membebaskan pengemudi Osthoff, yang disandera bersamanya.

XS
SM
MD
LG