Tautan-tautan Akses

WTO Bahas Penjadwalan Untuk Akhiri Subsidi Pertanian


Para menteri pada pembicaraan WTO di Hong Kong sedang mempertimbangkan konsep pernyataan yang mengusulkan jadwal waktu untuk mengakhiri subsidi pertanian – masalah utama yang menghalangi dicapainya persetujuan perdagangan sedunia.

Salinan konsep pernyataan itu, yang dirilis Sabtu ini, menganjurkan dihapuskannya subsidi serupa itu selambat-lambatnya tahun 2013, tetapi tidak menetapkan tanggal yang pasti, yang merupakan satu dari tuntutan utama Negara-negara miskin. Konsep tadi juga merekomendasikan agar Negara-negara maju mengakhiri subsidi expor mereka bagi kapas dalam tahun 2006.

Petani Afrika barat- yang merupakan unsur penting dalam perundingan kawasan itu, telah mendesak Negara-negara kaya – termasuk AS – supaya tahun depan menghapuskan bantuan yang diberikan kepada penanam kapas mereka.

Para menteri WTO, yang bertemu sejak Selasa, membuat kemajuan kecil dalam mencapai consensus mengenai persetujuan perdagangan internasional. Uni Eropa yang terbanyak disalahkan, karena menghalangi dicapainya persetujtuan dengan tidak mau mengurangi subsidi pertanian ke tingkat yang dapat diterima oleh para anggota WTO lainnya.

XS
SM
MD
LG